Jumat, 29 Oktober 2010

Pemasaran

Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli dan terjadinya transaksi.Transaksi adalah suatu kesepakatan dalam kegiatan jual-beli. Adapun syarat terjadinya transaksi adalah adanya barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.
Pemasaran adalah pelaksanaan atau proses kegiatan usaha perdagangan yang mencakup barang dan jasa dan dialirkan dari produsen ke konsumen.

Jenis-jenis pasar

Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya di bagi menjadi dua yaitu :
1. Pasar nyata
Pasar nyata adalah pasar dimana barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli.
Contoh : pasar tradisional dan pasar swalayan.

2. Pasar tidak nyata (abstrak)
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja.
Contoh : pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.

Dan ada juga dua jenis pasar menurut cara transaksinya :

1. Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.

2. Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan dengan layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.

Konsep Pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran meliputi kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannyaketiadaan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.

Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran berasal dari dua katra yaitu manajemen dan pemasaran. Pemasaran adalah analisis, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangkan manajemen adalah proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating) dan pengawasan. Jadi dapat diartikan bahawa manajemen pemasaran adalah sebagian analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.

Tujuan Sistem Pemasaran
1. Memperkenalkan produk kepada umum.
2. Melakukan promosi baik dalam bentuk fisik maupun maya.
3. Mendukung penjualan hingga terjadinya penjualan.
4. Melakukan pemetaan terhadap pasar (market share, dsb).
5. Analisa terhadap kompetitor (pesaing usaha).
6. Membuat feed back bagi produksi (tentang kekurangan dan kelebihan produk yang dibuat dan dipasarkan).
7. sebagai acuan / pertimbangan untuk peningkatan produksi pada periode selanjutnya.

Sumber : www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar