Kamis, 14 Oktober 2010

Perusahaan dan Lingkungan perusahaan

Perusahaan dan Lingkungan perusahaan adalah tempat atau proses memproduksi barang dan jasa. Hal ini di karenakan kebutuhan manusia tidak bisa digunakankan secara langsung, melainkan harus melewati sebuah proses. Jadi inti pengertian dari perusahaan adalah tempat melakukan proses sampai benar-benar bisa digunakan oleh manusia.

Letak perusahaan sering/biasa disebut dengan tempat kediaman perusahaan,tempat dimana perusahaan melakukan kegiatannya sehari-hari.Sedangkan istilah tempat kedudukan perusahaan diartikan sebagai tempat kantor pusat perusahaan itu berada dan beroperasi.
Jenis Letak Perusahaan
Ada 4 jenis letak perusahaan :
 
  1. Letak perusahaan yang terkait pada alam 
  2. Letak perusahaan berdasarkan sejarah 
  3. Letak perusahaan yang ditetapkan oleh pemerintah 
  4. Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi.
Dan juga terdapat 2 macam cara untuk menentukan lokasi perusahaan yaitu kualitatif dan kuantitatif.

Tujuan dan lembaga sosial, tujuan dari pendirian perusahaan adalah untuk turut melaksanakan dan menunjang kebijakan program pemerintah di bidang ekonomi. Adapun fungsi dari perusahaan yang di abgi menjadi dua yaitu :
  1. Fungsi Ekonomi
Sebagai sarana dan prasarana publik senantiasa dituntut untuk meningkatkan kemampuan pengembangan usaha dan memenuhi kewajiban-kewajiban lainnya.
  2. Fungsi Sosial
Sebagai sarana publik yang melaksanakan pengelolaan jasa transportasi yang merupakan bagian pembangunan suatu daerah dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh lapisan masyarakat dari semua golongan masyarakat dengan memberlakukan tarif yang terjangkau sesuai kemampuan masyarakat.

Lingkungan kerja
Lingkungan kerja menunjuk pada hal-hal yang berada di sekeliling dan menyangkut kerja karyawan di kantor. Kondisi lingkungan kerja lebih banyak tergantung dan diciptakan oleh pimpinan, sehingga suasana kerja yang tercipta tergantung pada pola yang diciptakan pimpinan. Lingkungan kerja dalam perusahaan, dapat berupa
1. Struktur tugas
2. Desain pekerjaan
3. Pola kepemimpinan
4. Pola kerjasama
5. Ketersediaan sarana kerja
6. Imbalan (reward system)


Fakttor lingkungan terbagi menjadi dua yaitu lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik. Lingkungan kerja fisik adalah lingkungan yang yang berhubungan segala sarana dan prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan tugas, misalnya sarana komputer, telepon, meja, kursi dan sebaginya..Sedangkan lingkungan kerja non fisik adalah lingkungan yang berhubungan dengan situasi maupun kondisi kerjasama, misalnya semangat kerja, komunikasi dan lain-lain. Yang dapat mempengaruhi peningkatan prestasi kerja, antara lain:
1. Kepuasan kerja
2. konflik.
3. Semangat kerja
4. Komunikasi.
5. stress


Sumber : www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar