Selasa, 12 Oktober 2010

Ruang Lingkup Bisnis

Bisnis adalah usaha sekelompok orang yang terorganisasi untuk memperoleh keuntungan dengan memproduksi barang atau menjual jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen pada tingkat keuntungan tertentu.Ada beberapa jenis bisnis, diantaranya monopsoni,monopoli,oligopoli dan ologopsoni.

Usaha atau bisnis semua kegiatan yang dilakukan oleh individu maupun kelompok individu yang dilaksanakan atau dilaksanaknan secara legal dengan menggunakan sumberdaya atau faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat(konsumen) dengan tujuan untuk memperoleh manfaat finansial, yaitu laba bisnis atau laba usaha (business profit). Selain itu bisnis juga bertuju pada pertumbuhan(growth) dan stabilitas(stability) perusahaan yang akan melakukan usaha tersebut.

Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk menempatkan sumber daya yang dimiliki suatu negara tersebut baik kepada individu maupun organisasi. Perbedaan sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Selain itu sistem perekonomian juga di bagi menjadi tiga jenis :
  1. Perekonomian terencana
Ada dua bentuk utama perekonomian terencana, yaitu komunisme dan soaialisme. Komunisme sistem yang mengharuskan pemerintah memiliki dan menggunakan seluruh faktor produksi.
   2. Perekonomian pasar 
Perekonomian pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan.
  3. Perekonomian pasar campuran
Perekonomian pasar campuran adalah gabungan antara perekonomian pasar dan terencana.
Sistem pasar sebuah proses yang sistematis dan memungkinkan banyak pelaku pasar untuk penawaran dan bertanya.

Kesempatan bisnis dan usaha jika ingin menjalankan dan berkecimpung di dunia bisnis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, pertama-tama penuhi kebutuhan konsumen jika kebutuhan kosumen telah terpenuhi kembangkan keunikan(kreatif) produk atau barang yang anda jual, bagi mereka yang merasa dirinya kurang kreatif dan inovatif, jangan patah arang anda hanya perlu membaca peluang, mengukur potensi, dan berani mengambil risiko. Dan masih bnyak cara lain dalam berbisnis, seprti menjual barang second, jadi agen, jual keterampilan dll.

Unsur-unsur penting dalam aktivitas ekonomi untuk berlangsungnya aktivitas ekonomi di butuhkan tiga unsur yaitu : keinginan manusia sumber daya dan cara-cara berproduksi.
Hakikat bisnis yang sesungguhnya adalah mementingkan orang lain.Orang yang melayani orang lain dengan keahlian yang tinggi akan menjadi orang yang penting dan bernilai.

Mengapa belajar bisnis? jika kita bisa berbisnis kita dapat belajar atau menguasai seluk beluk bisnis, bisnis juga bisa di jadikan pekerjaan dan tangga menuju keberhasilan. Untuk mencapai suatu keberhasialan memang tidak hanya melalui bisnis, tetapi jika kita sanggup untuk berbisnis dan mendapat untung yang besar mengapa tidak kita coba berbisnis saja.

Sumber : www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar